11 Tempat Wisata Gratis di Singapore

Mendapat predikat sebagai negara termahal di Asia Tenggara bahkan masuk kategori salah satu negara termahal di dunia, traveling ke Singapore pastinya bisa ngabisin banyak duit kalo kita ga bisa mengontrol pengeluaran. Tapi di balik itu, Singapore juga punya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Apa saja?

1. China Town
China Town bisa dikunjungi langsung melalui exit stasiun MRT China Town, jadi aksesnya gampang banget. Disini selain bisa foto-foto dengan background bangunan ala Tiongkok, juga ada Buddha Tooth Relic Temple, kuil besar yang konon ada bagian gigi sang Buddha di dalamnya. Selain itu banyak tempat makan murah dan juga pedagang souvenir khas Singapore.

2. Clarke Quay
Dari China Town, kita bisa menuju Clarke Quay hanya dengan berjalan kaki saja. Di Clarke Quay kita bisa bersantai di pinggiran Singapore River sambil melihat street performance yang biasanya ada di sini. Kalo mau kulineran disini juga banyak kafe dan resto, cuman agak mahal. Jadi mending habiskan waktu buat nongkrong aja disini.

3. Merlion Park
Belom sah ke Singapore kalo belom foto narsis bareng singa muntah yang satu ini. Sebenarnya dari Clarke Quay kita bisa jalan kaki menyusuri sungai untuk langsung mencapai Merlion Park, tapi kalo mager jalan, bisa naik MRT. Untuk menuju tempat ini, belum ada MRT yang langsung berhenti di depannya. Tapi kita bisa kesini dari arah stasiun MRT Raffles Place atau Esplanade (tergantung dari arah mana kita datang, tinggal pilih line yang searah saja) lalu tinggal jalan kaki sebentar, maka kita sudah sampai disini. Jangan kaget kalo bahasa nasional kedua di Merlion Park adalah bahasa Indonesia, saking banyaknya turis asal Indonesia disini :D

4. Marina Bay Sands Mall & Casino
Dari Merlio Park, kalo kuat kita bisa jalan kaki menyusuri pinggiran perairan untuk menuju ke Marina Bay Sands. Setelah melewati Helix Bridge yang keren itu, kita akan langsung masuk ke mallnya. Disini kita bisa cuci mata di mallnya, lalu masuk ke Casino (siapkan paspor) untuk sekedar liat-liat aja. Ga perlu main judi (dosa bray), disini kita bisa ambil minuman ringan gratis sepuasnya. Ada kopi, teh, softdrink dan minuman dingin. Lumayan banget pokoknya apalagi pas lagi bokek di negara orang.

5. Gardens by the Bay
Di belakang Marina Bay Sands ada jalan yang langsung menuju ke Gardens by the Bay. Ini adalah hutan hujan tropis buatan dalam ruang terbesar di dunia. Untuk masuk ke area outdoornya gratis, tapi kalo mau masuk ke area indoornya bayar mahal sekitar 30 dolar. Jadi lebih baik explore area outdoornya aja dengan pohon-pohon buatan raksasa yang keren itu.

6. Orchard Road

Ini adalah surganya shopping di Singapore buat kebanyakan kaum sosialita Indonesia. Banyak banget mall dan shopping area dengan brand-brand mevvah disini. Ada juga Apple Store satu-satunya di Asia Tenggara yang baru dibuka tahun ini. Kalo bokek ya windows shopping aja disini sambil makan es krim uncle 1 dolar yang banyak bertebaran di sepanjang trotoar.

7. Little India

Kalo mau hunting oleh-oleh murah, silakan mampir ke Little India. Karena disini ada Mustafa Centre, mall 24 jam yang isinya barang-barang murah khas Singapore. Yang mau beli cokelat disini juga banyak banget pilihannya, dan murah-murah. Kalo gamau beli apa-apa, disini juga banyak kuil Hindu yang bisa kita kunjungi. Tapi ada beberapa area yang tidak boleh dimasuki oleh non-Hindu, jadi perhatikan papan petunjuk yang ada kalo mau berkunjung ke kuil-kuil disini.

8. Museum

Beberapa museum di Singapore menggratiskan biaya masuk bagi wisatawan. Jadi buat yang hobi sejarah, jangan sampai gak dateng ke minimal salah 1 museum disini. Ada Asian Civilization Museum, National Museum of Singapore, Singapore Art Museum, dan Art Science Museum yang bisa kita kunjungi dengan cuma-cuma.

9. Henderson Waves Bridge

Jembatan yang instagrammable ini lagi ngehits belakangan ini. Sebenarnya disini cuman buat foto-foto aja sih, karena ya namanya juga cuma jembatan. Kalo mau kesini bisa melalui stasiun MRT Harbour Front, keluar melalui Exit C, lalu naik bus no. 131 atau 145. Setelah mencapai Henderson Road, turunlah di pemberhentian kedua. Dari situ tinggal naik tangga aja menuju taman di Henderson Waves.

10. Changi Airport

Bandara? Ya, Changi Airport yang berulang kali dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia ini punya buanyak fasilitas gratis yang bisa kita manfaatkan cuma-cuma. Mulai dari tour keliling Singapore, bioskop, kursi pijat sampai main game PS4 ada disini. Dijamin ga bosen kalo delay seharian disini :D

11. Sentosa Island

Yang terakhir ini sebenarnya engga gratis-gratis amat, karena untuk nyeberang ke Sentosa Island tetap saja kita harus naik monorail yang bayar sekitar 3 dolar. Tapi setelah di Sentosa kita bisa keliling pulau ini seharian, gratis. Mulai main di pantai, foto-foto di (depannya) Universal Studio, sampai nonton Crane Dance Show bisa kita lakukan gratis. Tentu saja ada atraksi dan wahana lainnya yang berbayar. Tapi kalo pas lagi bokek, yang gratisan juga sudah cukup oke kok.

Selamat menggembel di Singapore!

Komentar