Cara Membuat Visa Jepang di Mall Lotte Shopping Avenue

Kabar gembira untuk kita semua. Kedubes Jepang kini ada ekstraknya. Jadi kalo mau ngurus visa Jepang kita ga perlu pergi ke kedutaan Jepang lagi, cukup apply dari mall Lotte Shopping Avenue.

Lotte Shopping Avenue Jakarta
Per tanggal 15 September 2017, Japan Visa Application Centre (JVAC) dibuka di Lotte Shopping Avenue Lt. 4, deketan sama Cinema XXI. Jadi semacam kedubesnya buka cabang gitu. Sepertinya sih karena jumlah wisatawan ke Jepang yang meningkat drastis.

Untuk prosedur membuat visa melalui JVAC sbb:
1. Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB. 
2. Waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB. 
3. Tersedia 15 loket untuk pengajuan visa di JVAC. Untuk menghemat waktu, calon pengaju visa dapat melakukan reservasi pengajuan visa di situs resmi JVAC.
4. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional).
5. Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor. 
6. Proses pengajuan hingga pengambilan visa membutuhkan waktu lima hari kerja, terhitung dari hari pengajuan. Setelah mengajukan bisa, pengaju dapat mengecek status visa melalui internet. 
7. Bagi yang berdomisili di wilayah yurisdiksi Konsulat Jenderal Surabaya, Medan, Denpasar dan Kantor Konsuler Makassar, pengajuan tetap dilakukan di konsulat jenderal atau kantor konsuler masing-masing.
8. Mulai 15 September 2017, Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.


Sepertinya masih lebih murah ngurus langsung ke kedubesnya, karena di kedubes kita bebas dari biaya apapun untuk mengurus visa waiver e-paspor. Tapi buat yang kantor/rumahnya deket Lotte Shopping Avenue sih lebih enak kesini, bisa sekalian ngopi-ngopi syantik. Dan disini ngantrinya enak, adem karena di mall. Beda kalo kita ngurus ke kedubes kan ngantrinya di luar. Kalo panas ga keujanan, kalo ujan ga kepanasan.

Oiya, untuk keputusan visa approve/enggaknya tetap tergantung dari pihak kedubesnya ya.

sumber: Kompas

Komentar