Cara membuat visa waiver gratis ke Jepang

image taken from http://marischkaprudence.blogspot.co.id/2015/02/cara-daftar-bebas-visa-jepang-visa.html
Setelah memiliki e-paspor, langkah selanjutnya agar bisa bebas visa ke Jepang adalah mengurus visa waiver ke kedubes Jepang di Jl. Thamrin, Jakarta. Pengurusan visa waiver ini gratis dan hanya memerlukan waktu 1 hari kerja, jadi kalau masukin berkas hari ini, besok sudah bisa diambil. Apa saja yang diperlukan untuk membuat visa waiver? Cuma e-paspor dan mengisi formulir yang bisa didownload disini. Gampang kan?

Pengajuan visa waiver dilayani setiap hari kerja mulai jam 8.30 pagi. Biasanya sebelum buka sudah ada beberapa orang yang sudah mulai mengantri di depan gedung. Kantor kedubes ini lokasinya berada di samping Plaza Indonesia, jadi yang bawa kendaraan bisa parkir di PI lalu jalan kaki ke kedubes. Tenang, trotoarnya disini sudah bagus. Untuk yang naik Transjakarta, bisa berhenti di halte Sarinah, lalu jalan kaki sekitar 15 menit.

Memasuki area kedubes, kita akan diminta menitipkan KTP di security depan. Ada pemeriksaan keamanan juga sebelum masuk. Setelah masuk, ambil nomor antrian dulu untuk pembuatan visa. Disini ada 2 nomor antrian, yang satu lagi khusus untuk travel agent, jadi jangan salah ambil nomor antrian. Ada tulisannya kok, tapi kalo bingung bisa tanya security.

Setelah nomor antrian kita dipanggil, langsung saja menuju loket yang ditentukan. Kasi aja semua dokumennya ke mbak yang jaga loket, lalu diberitahu kalo besok sudah bisa diambil. Untuk pengambilannya dilayani mulai jam 13.30 siang.

Besoknya, setelah jam makan siang saya ijin dulu keluar kantor buat ngambil visa waiver di kedubes. Antri lagi kayak kemarin, lalu e-paspor saya dikembalikan dengan selembar kertas yang telah ditempel di dalamnya bertuliskan Visa Waiver Registration bla-bla-bla. Dengan adanya tempelan kertas ini, selama 3 tahun ke depan saya bebas keluar masuk Jepang dengan maksimal batas waktu tinggal 15 hari per kunjungan. Kalo ada duitnya tapi.

Komentar