Cara Naik Bus dari Singapore ke Melaka

Lagi jalan-jalan di Singapore lalu tiba-tiba bingung ga tau mau kemana karena saking kecilnya negara itu? Mending ke Melaka aja!


Melaka adalah salah satu Heritage City di Malaysia. Lokasinya ga terlalu jauh dari Singapore. Pagi berangkat, siang udah nyampe. Naik apa? Naik bus aja yang murah meriah hore. Caranya gimana? Tenang, saya jelasin caranya step by step.

Cara paling mudah adalah naik bus langsung dari Singapore ke Melaka. Tapi karena blog ini isinya traveling murah, jadi saya jelasin cara murahnya, tapi tetep nyaman. Pertama, kita naik MRT ke Bugis Station. Dari stasiun keluar aja nyeberang Victoria Street sampai ketemu Bugis Street. Sampai ujung setelah keluar dari Bugis Street, jalan aja ke arah kanan menyusuri Queen Street. Setelah melewati 2x lampu merah, akan ada satu pelataran tempat bus-bus parkir di sebelah kiri jalan. Naik aja ke bus Causeway Link jurusan JB Sentral (Johor Bahru Sentral) dengan bayar tiket SGD3,3. Sebenarnya kita bisa naik bus kota biasa dengan nomor 170 yang lebih murah, tapi lebih lama. Mending naik Causeway Link aja karena tempat duduknya lebih nyaman dan lebih cepat. Tiketnya jangan sampai hilang karena nanti perlu ditunjukkan lagi pas di perbatasan.

Perjalanan dari Queen Street sampai ke perbatasan imigrasi di Woodlands kurang lebih 45 menit. Kita harus turun dulu untuk pemeriksaan imigrasi keluar dari Singapore. Setelah lewat imigrasi, kita harus naik bus lagi. Busnya gak harus sama dengan yang kita naiki tadi, tapi harus sama-sama Causway Link biar gak perlu bayar lagi. Inilah fungsi tiket yang tadi. Tunjukkan saja tiketnya maka kita bisa naik tanpa bayar lagi.

Dari Woodlands, bus akan jalan lagi menuju perbatasan imigrasi Malaysia di JB Sentral. Disini kita harus turun lagi untuk pemeriksaan imigrasi lagi masuk ke Malaysia. Setelah cap paspor, kita naik Causeway Link lagi menuju ke Larkin Bus Terminal yang gak terlalu jauh dari JB Sentral. Total waktu dari Queen Street sampai ke Larkin Terminal ini sekitar 1-2 jam kalo imigrasinya pas gak terlalu rame.

Larkin Terminal

Di Larkin Terminal kita beli lagi tiket bus menuju ke Melaka Sentral. Ada banyak banget pilihan PO bus disini. Tapi rata-rata harganya sama dan fasilitas busnya juga sama-sama bagus. Harga tiket ke Melaka Sentral rata-rata 20-24 ringgit. Sekitar 70ribuan. Totalnya cuma 100ribuan dari Singapore.

Perjalanan dari Larkin Terminal menuju Melaka Sentral kurang lebih 3 jam. Di Larkin Terminal banyak tempat jual makanan. Jadi selama menunggu kita bisa makan dulu di sini. Begitu waktu keberangkatan hampir tiba, jangan lupa segera menuju peron keberangkatan sesuai yang tertera di tiket. Jangan sampai terlambat karena bus di Malaysia sangat on time. Kalo telat ya tiket hangus. Selamat mencoba. Adios!


Komentar

  1. wahh lumayan lama juga ya kalau 3 jam, tapi tempatnya keren jadi sebanding kalau pergi dari singapore kesana.. hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 jam anggep aja kayak jalan2 jakarta-bandung :D

      Hapus
  2. Kayaknya pernah nemu tuh Bus buat ke Malaysia di Bugis Street, kapan-kapan dicoba naik bus dari Bugis ke Malaysia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang lokasinya Queen Street ini deket sama bugis kok om :D

      Hapus

Posting Komentar