Mencoba Onsen, Pemandian Air Panas di Jepang - Mandi Bareng Rame-rame

Onsen, atau pemandian air panas, adalah salah satu budaya masyarakat Jepang. Mereka sepertinya hobi banget berendam air panas di onsen ini. Dan uniknya, tidak seperti masyarakat kita yang berendam di pemandian air panas menggunakan pakaian renang, masyarakat Jepang berendam air panas tanpa menggunakan apa-apa. Polos. Rame-rame bareng orang lain yang kenal maupun yang gak kenal. Absurd pokoknya.

Saat backpackeran ke Jepang tahun lalu, saya berkesempatan mencoba pengalaman unik dan nyeremin ini. Kenapa nyeremin? Karena pemandian cowok dan cewek dipisah, jadi saya musti bugi bareng pria pria lainnya. Ohmaigod....

Ceritanya, saya booking penginapan di salah satu hotel kapsul di Tokyo. Namanya Asakusa Riverside Capsule. Lokasinya sih bagus, strategis banget. Tepat di samping sungai dan dekat pintu keluar stasiun Asakusa. Dari awal booking sih saya udah tau kalo hotel kapsul kamar mandinya sharing, tapi saya gak nyangka ternyata sharingnya model onsen Jepang mandi bebarengan begini. Yasudah, daripada gak mandi (karena sudah 2 hari belom mandi) saya tetap nekat mandi disitu.

Karena ada 1 temen cowok saya yang ikut, kami mandinya gantian. Ogah banget bugil bareng orang yang saya kenal. Temen saya mandi duluan. Eh ternyata pas dia mandi, pemandiannya pas kosong. Untung banget.

Akhirnya saya mulai masuk ke pemandian. Jangan bayangkan kalo onsennya seperti foto yang saya taruh di atas ya. Liat foto yang di bawah aja, begitulah bentuknya. Di ruangan bagian depannya ada locker buat nyimpen pakaian. Ada disiapin juga handuk kecil buat nutupin aset kita pas lagi jalan-jalan di dalam pemandian. Nah begitu saya masuk, di dalam sudah ada 3 kakek-kakek Jepang yang lagi berendam dan 1 orang yang lagi asik mandi di bawah shower. Semuanya polos. Sh*t. Saya gak nafsu sama sekali buat ikutan berendam air panas. Langsung saya ke bagian shower, mandi kucing bentar asal udah pake sabun, lalu buru-buru keluar. Showernya juga model komunal. Cek pict deh. Padahal sebenernya kalo berendam disini lumayan asik, karena di pemandian ini kita bisa melihat keluar jendela dengan pemandangan Sungai Shimeji dan Tokyo Skytree. Namun gara-gara banyak pemandangan belalai kakek-kakek Jepang, saya mending balik kamar aja lah.

O iya, saya gak sempet foto bagian dalam pemandiannya. Kan gaboleh foto-foto. Jadi saya ambil foto dari Google saja. Ada yang berani nyoba mandi ala Jepang begini?

Asakusa Riverside Capsule Hotel




Komentar

  1. mungkin kalau bagi yang gak biasa malu kali ya mandi bareng banyak orang, kalau sendiri sih gak apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sendiri juga deg2an takut ada yg tiba2 masuk :D

      Hapus

Posting Komentar