Tebing Keraton, Sunrise cantik 30 menit dari Bandung



Sudah pernah dengar yang namanya Tebing Keraton? Salah satu tempat untuk menikmati pemandangan dataran tinggi di Bandung ini emang lagi happening tahun-tahun belakangan ini. Lokasinya ga jauh dari pusat kota Bandung. Waktu itu saya menginap di daerah Ciumbuleuit (bener ga ya tulisannya) hanya butuh sekitar 20-30 menit berkendara untuk sampai ke Tebing Keraton. Aksesnya ga jelas, alias tidak ada petunjuk yang jelas untuk mencapai tempat tersebut. Alhasil saya hanya mengandalkan Google Maps. Jalan kecil menuju ke lokasi bisa dicapai dengan kendaraan roda empat, tapi medannya kurang bagus. Dari tempat parkirnya kita harus naik lagi berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 km, tapi ada jasa ojek yang akan mengantarkan kita ke atas dengan tarif 20 ribu per orang. Kalo mau lihat sunrise dan datangnya mepet, lebih baik naik ojek agar lebih cepat.

Ojek berhenti di gerbang masuk ke Tebing Keraton. Dari situ kita ditarik retribusi masuk, saya lupa berapa tarifnya tapi ga mahal kok. Dari gerbang jalan lagi sebentar dan kita sudah sampai di puncaknya untuk menikmati sunrise. Matahari terbit dari arah kota Bandung dengan ditemani kabut yang menyelimuti hutan kota di sekitarnya. Keren banget deh karena biasanya lihat sunrise kan yang kelihatan cuma pedesaan atau gunung-gunung. Nah disini ada tambahan kerlap kerlip lampu kota Bandung.




Ada yang unik di Tebing Keraton ini. Ada satu spot favorit pengunjung untuk berfoto selfie berupa bebatuan yang sedikit menjorok keluar dari tebing. Bagi yang berani turun ke bebatuan tersebut bisa ngeksis difoto oleh temannya yang menunggu di atas. Agak bahaya juga sih karena kalo jatuh ke bawah itu ya kayaknya bisa langsung bye-bye.



Overall buat saya Tebing Keraton sangat recommended untuk melihat sunrise dengan background kota Bandung yang cantik, terutama untuk yang males capek-capek trekking.

Tips motret di Tebing Keraton:
  1. Bawa kamera
  2. Datanglah lebih subuh. Sekitar jam 3 subuh saat masih gelap dan belum banyak orang, kita bisa motret cityscape kota Bandung malam hari dengan lampu-lampu kotanya plus pegunungan yang mengelilinginya.
  3. Bawa tripod
  4. Bawa shutter release kalo ada, kalo enggak bisa pake timer untuk menghindari kamera goyang saat shutter dipencet
  5. Set di bukaan kecil, diatas f/11 untuk merekam semua dari foreground hingga background dengan tajam

Komentar

Posting Komentar