TIPS: Cara Hunting Tiket Promo Pesawat Gratis AirAsia


Saat ini bepergian ke luar negeri sudah terjangkau. Gak kayak saya dulu, kids jaman now udah sering jalan-jalan sendiri keluar negeri bareng gengnya. Tapi meskipun terjangkau, masih lebih terjangkau lagi kalo bisa traveling dengan tiket promo dengan harga murah, bahkan gratis.

Buat para tiket-promo-hunter, AirAsia adalah dewa nya. Begitu AirAsia lagi ada promo, websitenya pasti langsung down saking banyaknya pemburu tiket gratisan yang mencoba masuk. Saya pernah nemu dan dapet tiket Air Asia ke Korea Selatan 2,4 juta pulang-pergi, ke Osaka 2,8 juta pp, bahkan ke Singapore dan Kuala Lumpur cuma 0 rupiah alias gratis. Bagaimana cara dapetnya?

1. Subscribe newsletter AirAsia - Daftarkan email kalian di website www.airasia.com dan dapatkan info promo paling update melalui email. Tiap akan ada promo tiket gratis, biasanya AirAsia akan menginformasikan melalui email seminggu sebelumnya. Nah, jeda waktu seminggu itu bisa kita pakai untuk mencari travel-mate dengan tujuan yang sama.

2. Follow akun sosmed AirAsia - Sama seperti point pertama, dengan follow sosmednya, kita bisa dapat info update lebih cepat tiap ada promo.

3. Siapkan kopi - Karena hunting tiket bisa sampai pagi :p Kenapa? Karena saat promo begini, web AirAsia menghilangkan opsi view price by month. Padahal, tiket promo hanya ada pada tanggal-tanggal tertentu. Jadi kita musti rajin-rajin mencari hari demi hari.

4. Standby di depan laptop 1 jam sebelum jam promo - Biasanya promo diadakan hari minggu jam 23.00. Pastikan koneksi internet kencang dan standby di depan komputer minimal 1 jam sebelum promo dimulai. Kadang sebelum jam 23.00 harga promo sudah nongol, jadi rajin-rajin refresh halaman browser.

5. Gunakan 3-4 browser sekaligus - Karena banyak yang hunting tiket gratisan, web AirAsia bakal sering penuh sehingga kita akan sering masuk ke waiting list. Selama waiting list kita ga bisa searching tiket. Jadi dengan 3-4 browser yang aktif sekaligus, kita bisa memperbesar peluang kita 3-4x untuk dapet tiket gratis.

6. Hindari mencari tiket untuk keberangkatan pada hari libur - Kenapa? Karena ga mungkin gratis. Lebih mahal iya.

7. Jangan mencari tiket gratis untuk tujuan jauh - Biasanya tiket gratis hanya tersedia untuk tujuan Singapore dan Kuala Lumpur, berangkat dari Jakarta. Untuk tujuan lain saya belum pernah nemu tiket gratis, tapi setidaknya masih jauh lebih murah dari harga normal.

8. Jangan cari tiket dengan harga Rp 0,- - Karena harga tiket di web AirAsia sudah ditambahkan dengan biaya Airport Tax bandara Soekarno-Hatta, jadi tiket seharga Rp 150.000 artinya tiket itu gratis, ditambah Airport Tax International Flight sebesar Rp 150.000,-

9. Delete opsi bagasi & asuransi - Tiket gratis yang sudah didapatkan biasanya akan otomatis ditambahkan biaya bagasi 20kg dan asuransi. Supaya tetap gratis, delete saja opsi tersebut. Jangan pilih makanan juga supaya ngirit, karena ke Singapore cuma 1,5 jam lebih dikit. Mending makan pas udah nyampe aja.

10. Segera lakukan pembayaran - Jika sudah nemu tiket pada tanggal yang cocok, segera siapkan pembayaran. Jangan lama-lama keburu hangus.

11. Siapkan pembayaran e-banking - Misalnya KlikBCA, karena biaya administrasinya lebih murah dibanding pakai credit card. Hindari membayar lewat ATM karena sudah malam. Takut dirampok di jalan nanti.

Begitulah tips dari saya. Biasanya saya bisa hunting sampai jam 2-3 pagi baru dapet tiket yang tanggalnya cocok. Itulah funsi kopi yang tadi saya sebutkan. O iya, artikel ini ga diendorse sama AirAsia, cuma bentuk terimakasih saja karena AirAsia sudah mewujudkan beberapa destinasi impian saya dengan harga murmer :D

Komentar

Posting Komentar